Pizza Kukus

pizzRoti

  1. campurkan 250 gr tepung terigu protein tinggi (dipasaran dikenal dengan nama cakra kembar) dengan 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula pasir, 11 gr ragi instan, 2 sdm minyak sayur. aduk rata adonan
  2. uleni dengan menuangkan air sedikit demi sedikit hingga kalis
  3. bentuk menjadi bulatan dan istirahatkan (taruh di wadah dan tutup dengan lap basah) kurang lebih 30 menit hingga mengembang

Pizza Kukus

  1. cetak adonan roti dalam loyang, loyang terlebih dahulu diolesi minyak sayur
  2. oleskan saus tomat (atau saubotolan atau buatan sendiri, sesuai selera)
  3. tambahkan berbagai macam toping yang kita suka (biasanya sih irisan sosis, paprika, bawang bombay, dan keju parut)
  4. kukus kurang lebih 25 menit
  5. angkat,sajikan panas

Gud lak! ;)

15 thoughts on “Pizza Kukus”

  1. Boleh nih, mbak. Terutama bagi yg gak punya oven yg cukup bagus.Tapi toppingnya juga tolong ditambahin, dong. Spy tahu yg cocok, krn dikukus, gak dibakar.

  2. @Nelly: .. pada dasarnya sih toping yang digunakan sama saja mba Nelly. tapi mungkin rasa dan tekstur agak berbeda. pizza yang dikukus cenderung agak basah berbeda dengan pizza panggang yang lebih kering. jadi ini hanya soal selera saja. saya sih suka yang simple, toping dengan saus tomat dan taburan keju cheddar :mrgreen: thx

  3. Hes, loyangnya harus pakai loyang alufoil khusus pizza? Bisa pakai loyang bulat biasa dgn diameter 24 tinggi 3-4 cm ngga? Di rumah cuma ada itu. :)

  4. @L: wa saya malah baru tahu kalau ada loyang khusus pizza :mrgreen: thx ya. ga harus kok saya pake loyang biasa yang dioles minyak/margarin. pake loyang apa aja yang penting cukup di dandang pengukus ..

  5. Mba Hes,,
    Saya fans baru nich,,
    hehehehe,,
    salut banget sama mba Hesti, jago masaknya,,
    Owya mba,,
    kalau mau bikin saos bolonais ( tulisan aslinya rumit,,hehehehe ) untuk spageti gimana caranya ya Mba ?????
    Trims a lot atas informasinya ya mba,,

  6. Pagi Mba Hes,,,

    hehehehehehe,,saya juga jago mba,,Jago Makan,,hehehe,,
    Owya mba, saos bolonai-nya di liat di pizza kota itu ya ?????
    Yang bagian saos-nya ya kana mba ???????
    Trims a lot ya Mba,,

  7. Siang mbak,
    Salut neh sama mbak yg jago masak ini..
    Tanya resep boleh gak mbak, aq penasaran neh..
    Punya resep brokoli pake saus krim gak mbak, enak bgt jd penasaran gmn cara buatnya..
    Tx ya mbak..

  8. salut nih sm mba yg jago masak, mau tanya dong mba, untuk menguleni adonan pizzanya perlu air berapa banyak, air hangat, atau cukup air mentah saja… Thx jawabannya.

  9. @Food Lover: waa, terima kasih saya cuma suka masak kok ngga jagojago amat :mrgreen: waduh maaf, saya ngga punya resep brokoli saus krim. saya coba cari ya, lain kali mampir semoga sudah ada resepnya. thx

    @Eni: kok, komennya sama sih kaya food lover :P jawabnya sama ah: waa, terima kasih saya cuma suka masak kok ngga jagojago amat :mrgreen:

    btw, saya biasa menguleni adonan dengan air matang (tak perlu hangat tak masalah) kurang lebih 120ml untuk 250gr tepung terigu. tetapi sebenarnya sih tak ada ukuran yang pasti karena penambahan air biasanya disesuaikan dengan kekalisan adonan. kalo adonan sudah kalis sebelum air habis 120ml maka tak perlu lagi penambahan air, jika air sudah habis setelah 120ml maka penambahan air bisa dilakukan. hehe, semoga bisa menjelaskan :) thx ya

  10. mudah ya ???!!tp kalo sy yg bikin berhasil ga yaaa???kLO bikinnya di panggang pake resep ini bisa ga???thx….

  11. Mbak Hes slam knal… mbak aku pengen coba resep pizza ini… tp pernah baca jg di artikel lain katanya ada loyang khusus buat pizza ya… kira2 dimana bisa belinya??? mungkin mbak ada rekomendasi tempat…

    makasih mbak

    ninink

  12. @ninink: alo mba ninink. salam juga :) saya ngga punya tempat yang bisa saya rekomendasikan untuk membeli loyang khusus pizza, mba ninink.. karena saya juga belum punya loyang jenis itu dan biasa membuat pizza di loyang atau wadah lain yang tahan panas (misalnya pirex bentuk lingkaran dengan tinggi sekitar 5 cm seperti yang saya gunakan untuk membuat pizza kukus ini) :mrgreen:

    Menurut pencintapizza.blogspot:

    Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai loyang pizza. Baik itu diameter, tinggi, bahan ataupun bentuk loyang. Namun, sebagai gambaran umum, berikut saya tampilkan pilihan:

    1. Diameter
    Diameter loyang pizza small, medium dan large masing-masing adalah 16 cm, 22 cm dan 30 cm.

    2. Tinggi loyang
    Tinggi loyang adalah 5 cm.

    3. Bahan
    Loyang pizza terbuat dari bahan teflon atau aluminium.

    4. Bentuk
    Sebagai cetakan roti, pada umumnya berbentuk bulat. Namun adakalanya muncul variasi lain berbentuk persegi dan segitiga.

    semoga bisa membantu ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>