Istilah Kuliner: A

a la atau ala. Berasal dari istilah Prancis ‘a la’ yang artinya melakukan sesuatu sesuai gaya atau kebiasaan tertentu. Misalnya, makanan ala Jepang berarti makanan yang sesuai dengan gaya dan kebiasaan di Jepang.

a la carte. Cara memesan menu di restoran dengan memilih satu per satu menu yang tertulis dan bukan memilih satu paket lengkap. Biasanya digunakan pada restoran ala eropa atau Prancis yang menyediakan set makanan lengkap mulai dari Appetizer, Main Course sampai Dessert.

After Taste. Sensasi rasa yang tersisa di mulut setelah makanan atau minuman ditelan.

al dente. Secara harfiah artinya ‘to the tooth’, istilah italia ini digunakan untuk menjelaskan tingkat kematangan yang pas saat digigit (tidak lembek tapi juga tidak keras). Biasanya digunakan saat memasak pasta, nasi atau sayuran.
almond extract. Larutan yang terdiri dari minyak, almond dan alkohol (1%). Biasanya digunakan sebagai pemberi rasa pada roti-rotian.

American Breakfast. Istilah yang mengacu pada paket makanan yang terdiri atas telur (bisa direbus, dadar atau orak-arik), bacon atau sosis, roti panggang atau hashbrown dan minuman jus.

amuse-bouche (dibaca: a-mus-bush). Makanan ringan yang disajikan sebelum makan besar, gunanya untuk membangkitkan selera makan. Ukurannya lebih kecil dibandingkan appetizer dan lebih ringan dari hors d’oeuvres.
anchovy. Sejenis ikan teri yang diasinkan dan disimpan dalam rendaman minyak. Biasanya disajikan sebagai appetizer atau pelengkap salad.

Angel Cake atau Angel Food Cake. Bolu yang terbuat dari putih telur, ringan dan seperti busa.

appetizer (baca: epetaizer). Makanan dalam porsi kecil yang disajikan sebelum makanan utama, gunanya untuk membangkitkan selera makan.

artichoke. Sejenis sayur-sayuran. Bagian yang dimakan adalah jantung dari bunga, seperti jantung pisang.

asparagus. Sayuran yang berbentuk batang. Di Indonesia lebih populer dalam bentuk kalengan dan dimasak dalam sup bersama daging kepiting atau, versi yang lebih ekonomisnya, dengan putih telur.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

3 thoughts on “Istilah Kuliner: A”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>