Volcano Cake

volcanokukusJumat kemarin adalah hari ulang tahun putra saya yang kedua tahun. Seperti perayaan pernikahan yang ke-2 dan ulang tahun putri sulung yang ke-2, saya selalu membuat Chocolate Truffle Torte. Bukan karena kue itu luar biasa istimewa hanya saja kue tersebut tergolong kue yang cukup sukses saya buat :mrgreen: Yang lainnya? Wah ngga janji deh hehe ..

Kali ini saya tidak menggunakan bolu sebagai lapisan alasnya. Saya memilih membuat brownies kukus karena dua alasan yang sangat personal:

  • Saya pandai membuat brownies (halah)
  • Saya tidak pandai membuat bolu (true story)

Kali ini saya membuat dua jenis kue menggunakan satu resep brownies andalan saya dan saya juga sedikit mengubah cara pembuatanya. Jika saya biasanya tidak pernah mengocok (dengan mixer) telur dan gulanya kali ini saya mengocoknya untuk membuat kue lebih mengembang – tidak terlalu bantat seperti biasanya.bimbulvolacano

Saya menggunakan setengah bagian adonan brownies untuk mencoba kue jenis lain yaitu Volcano. Namanya coba-coba jadi saya tak membuat banyak. Hasilnya lumayan juga. Terutama karena volcano dimakannya dalam keadaan hangat jadi kuenya masih terasa lembut apalagi ditambah dengan coklat leleh di dalamnya haiyah yummi!

Saya sebenarnya tak tahu persis silsilah nama kue volcano ini. Tetapi yang saya tahu volcano biasanya adalah jenis kue coklat yang disajikan fresh from oven sehingga masih panas saat disantap. Panas dari kue akan membuat coklat masak di dalamnya tetap mencair sehingga saat kue dibelah coklat cair tersebut akan meleleh keluar dari kue seperti layaknya magma dari gunung berapi: Volcano.

Nah karena oven saya masih rusak, saya mencari cara lain untuk memasak si volcano ini. Dengan bermodal resep brownies dan dandang untuk mengukus saya bertekad menaklukan gunung berapi ini :lol:

Volcano Cake

Bahan:

  • 4 butir telur ayam
  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram tepung terigu
  • 100 gram coklat masak
  • 100 gram margarine
  • 100 gram coklat masak, potong kotak
  • Margarine untuk mengoles

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang dan putih
  2. Tim 100 gram coklat masak hingga meleleh
  3. Cairkan margarine
  4. Masukkan coklat dan margarine yang sudah cair ke dalam adonan telur, aduk rata
  5. Masukkan sedikit demi sedikit tepung terigu sambil diaduk
  6. Masukkan ke dalam wadah-wadah kecil untuk membuat cup cake atau muffin yang telah dioleh sedikit margarine sekitar 1-2 sdm (setengah ukuran wadah)
  7. Kukus sekitar 5 menit, buka tutup dandang lalu masukkan potongan coklat masak ke dalam kue. Agak ditekan sehingga setengah potongan coklat agak tertanam
  8. Tambahkan adonan hingga wadah penuh
  9. Kukus lagi sekitar 15 menit
  10. Angkat dan segera sajikan

Untuk 12 kue

Volcano cake enak dinikmati bersama dengan es krim vanila atau juga whip krim. Gud lak! ;)

4 thoughts on “Volcano Cake”

  1. :bd :: drollll… Drolll… ::
    dulu aq smpt coba bikin, tp kok engga meleleh ya pas di belah kue na??
    Mgkn krna coklat na aq parut ya?? N di belah / makan na setelah di dinginkan d lemari es?? [xixi.. Ngeles mode;oN.. Pdhl emang ga bsa..]
    Bsok coba lg ah.. Hehe :D Tengkyu bwt inspirasinya.. Tak coba ya resepnyaaa..

  2. @zee: yoi mi, makan kue ini emang kudu panas2 jadi coklat didalamnya masih mencair kalau sudah dimasukkan ke kulkas dah pasti coklatnya membeku dong :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>