Ayam Garing Khas Taiwan

ayamshihlin2

Awal Juni yang lalu Wicak bertandang ke Taipei, Taiwan. Dengan jadwal yang super ketat, suami saya ini baru mempunyai waktu malam hari untuk berjalan-jalan di kota ini. Tak sempat pergi jauh, ia dan temannya hanya sempat singgah di sebuah daerah jajanan bernama Shilin Night Market.

Ia bercerita bahwa ada banyak menu dengan bahan utama babi di sana sehingga memilih jajanan halal kudu seksama. Ia dan temannya itu akhirnya mencicipi jajanan dengan bahan ayam. Ayam yang digoreng garing dengan balutan tepung yang mereka beli disajikan dengan porsi yang luar biasa lebar.

“Kayanya sih dada ayam yang digeprek hingga memar terus digoreng tepung. Bumbunya bubuk semua. Pedas. Cabe bubuk mungkin ya dan ngga tau apalagi. Enak sih,” katanya bercerita. Glekh, saya jadi kepingin. Kapan ya saya jalan-jalan ke luar negeri, makan-makan jajajan kaki limanya? :roll:

Kira punya kira saya nekat membuat ayam garing yang karena daerahnya bernama Shihlin jadi terkenal dengan sebutan Shilin Chicken Crispy. Nah, selidik punya selidik ternyata di Pluit Junction lantai 1, Jakarta,  sudah ada waralaba yang bernama Shilin Taiwan Street Snacks. Salah satu menunya yang laris manis ya ayam garing ini, katanya.

Ayam Garing Khas Taiwan

Bahan:

  • 1 buah dada ayam, memarkan hingga agak lebar
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 cangkir air matang
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram bread crumps
  • 500 ml minyak untuk menggoreng

Bread crumps adalah sejenis remah/serpihan dari roti kering yang biasanya digunakan untuk membalut makanan sebelum digoreng, misalnya: tempura. Tapi selain itu bread crumps juga punya fungsi yang lain yaitu untuk taburan makanan yang dipanggang, mengentalkan, bahan pemadat, dan lain-lain.

  • 1 sdm bubuk cabai
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt garam halus

Cara membuat:

  1. Balur ayam dengan jeruk nipis, garam dan merica, diamkan sekitar 1 jam
  2. Buat adonan batter (adonan pelumur berbentuk cair) yaitu dengan mencampur air matang dengan 3 sdm tepung terigu
  3. Lumuri ayam dengan adonan batter hingga rata
  4. Balut ayam dengan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bread crumps hingga rata
  5. Goreng (deep fry) dalam minyak panas di atas api kecil hingga ayam kecoklatan di ke dua sisi
  6. Angkat dan potong/gunting kecil-kecil
  7. Taburi bumbu bubuk yang sudah dicampur di atas ayam
  8. Sajikan hangat
Lama persiapan: 1 jam 15 menit
Lama memasak: 20 menit

Bisa juga loh untuk bekal ke kantor seperti yang saya buatkan untuk suami saya ini. Ayamnya sudah dipersiapkan dan direndam sejak malamnya sehingga paginya tinggal menggoreng. Gud lak! ;)

ayamshihlin

Share it!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 thoughts on “Ayam Garing Khas Taiwan”

  1. kayaknya pas banget buat Rani yang doyan banget sama ayam…aku coba ya mbak resepnya…maksih idde brillianntnya..

  2. klo masih sekantor sama Wicak, pasti ku recokin tuh lunchbox-nya Wicak :D

    Hes, klo gak pake bumbu2 bubuk bisa gak? klo merica kyknya gak beda jauh ya klo ngulek merica bulet, klo cabe dan bw putih gimana? bisa gak diganti dgn cabe dan bw putih ulek?

  3. @epi: kayanya beda ya pi soalnya citarasa bahan segar dan bubuk kan memang berbeda. tapi dicoba saja, kan jadi satu resep baru tuh :mrgreen: hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>