Limun Timur Tengah

lemonadeMiddle Eastern Lemonade, itu nama minuman tanpa alkohol yang dipesan Wicak sewaktu ia bertandang ke Restoran Samarra di daerah Kebon Sirih.

Dari ceritanya sih kedengarannya cukup segar apalagi dengan tambahan bulir jeruk bali. Kayanya sih penambahan jeruk bali hanya ada di Indonesia mungkin hanya ada di restoran tersebut. Minuman ini sepertinya menjadi salah satu minuman non alcohol andalan restoran dengan ‘tagline’ Pasar Sate dan Wine ini.

Saya tentu saja tidak tahu kapan mau ke restoran ini dan mencicipi limun timur tengah tersebut. Jadi yah bikin sendiri sajalah seperti biasa daripada penasaran. Middle Eastern Lemonade di Samarra menurut suami saya itu merupakan gabungan dari teh, soda, perasan lemon, daun mint cincang, gula, daan bulir jeruk bali.

Tetapi karena ia memberitahunya belakangan (dan sayangnya saya juga tidak bertanya), saya membuat denganĀ  bahan-bahan seadanya Jelas saja tidak mirip. Tapi lumayanlaah untuk segar-segar di siang hari yang panas.

Pernah nulis soal lemonade nih referensi Wikipedia :mrgreen:

Lemonade adalah minuman dengan rasa lemon. Bahan utamanya mudah saja: lemon, air (ada juga yang menggunakan soda) dan gula. Perbandingan antara keasaman dan rasa manis yang tepat akan menciptakan rasa yang enak dan tentu saja segar. (wikipedia/lemonade)

Limun Timur Tengah

Bahan:

  • 2 buah jeruk lemon, potong dua
  • 6 sdm gula pasir
  • 500 ml air dingin
  • 1/2 cangkir daun mint, cincang
  • 1/2 cangkir bulir jeruk bali
  • Es batu

Cara membuat:

  1. Peras jeruk lemon
  2. Tambahkan gula, aduk rata dengan sedikit air
  3. Masukkan daun mint, aduk rata
  4. Masukkan sisa air dan bulir jeruk, aduk rata
  5. Sajikan dengan es batu
Lama persiapan: 5 menit
Lama memasak: 5 menit
Untuk 1-2 gelas

Share it! ;)

4 thoughts on “Limun Timur Tengah”

  1. rasanya seger2 dingin ya hes? nyoba ah tar, tp mint jarang ada loh di supermarket medan? ada pengganti gak sis? jeruk balik = jeruk bali? hehe byk tanya :)

  2. @meiy: hahaha iya jeruk bali :lol: yang bikin khas daun mintnya sih mba meiy jadi aku ngga tahu penggantinya yang cocok. tapi ga pake daun mint juga enak kok. thx yaa ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>