Biji Wijen

Tanaman wijen dimanfaatkan orang sebagai sumber minyak wijen. Minyak wijen sendiri merupakan salah satu minyak penyedap masakan.

Selain diambil minyaknya, biji wijen juga biasa digunakan dalam makanan. Biji wijen biasa digunakan sebagai penghias pada makanan misalnya pada onde-onde. Tetapi selain sebagai penghias, biji-biji kecil berwarna putih ini juga memberikan cita rasa tambahan yang unik.

Selain biji wijen putih ternyata biji wijen juga ada yang berwarna hitam. Saya baru tahu loh ..

Biji wijen hitam menurut naturopathydigest tinggi kandungan kalsiumnya. Bahkan dalam 1 gram biji wijen hitam terkandung sekitar 85 miligram kalsium. Selain itu biji wijen hitam ini juga kaya akan protein, fosfor, besi dan magnensium.

Menurut id.wikipedia/wijen, biji wijen mengandung minyak nabati, protein, serat kasar. Kaya akan asam lemak tak jenuh juga Vitamin E.

Saya sendiri baru mengentahui soal biji wijen hitam beberapa waktu yang lalu. Seorang teman yang tinggal di Thailand mengunggah foto minuman segar di halaman facebooknya yang awalnya tampak seperti kolak biji salak. Ia menjelaskan bahwa itu adalah melon kuning yang diberi susu kedelai dan ditaburi biji wijen hitam.

Tertarik untuk mencoba, saya mencari biji wijen hitam yang tadinya saya pikir wijen putih yang disangrai/dipanggang hingga gosong

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

One thought on “Biji Wijen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>