Ayam Panggang Saus Barbekyu

Ayam Panggang Bbq

 

Setelah mencoba membuat brownies dengan menggunakan Happy Call beberapa waktu yang lalu, saya ingin mencoba membuat ayam panggang. Saya asumsikan membuat ayam panggang dengan pan bolak balik ini pasti lebih mudah dan hasilnya akan lebih bagus.

Dengan pan anti lengketnya sehingga kulit ayam tidak akan terkelupas. Kemudahan membaliknya sehingga ayam akan utuh tanpa terlepas beberapa bagiannya. Dan panasnya yang terpusan sehingga ayam lebih mudah matang dan empuk tanpa berlama-lama.

Well, so far hasilnya memang sesuai dengan dugaan saya

Saya sih tidak menggunakan bumbu barbekyu bikinan sendiri. Sudah banyak yang dijual dipasaran. Saya memang ngga anti bumbu instan (kecuali penyedap masakan seperti vetsin). Iseng-iseng mencoba bumbu instan dengan paduan beragam bahan sering juga saya lakukan. Walau bumbu yang dibuat sendiri hasilnya masakannya memang terasa lebih segar.

Oh iya saya menggunakan bumbu instan jika sedang malas memasak apalagi bereksperimen. Hal ini biasanya terjadi jika sedang menghadapi masalah, bad mood atau kondisi yang cukup tegang.

Saya melumuri ayam dengan saus barbekyu, menyimpannya selama kurang lebih 5 jam lalu memanggangnya di dalam Happy Call. Kurang lebih 20 menit untuk setiap sisi.

Tetapi jika ingin mencoba membuat saus perendam sendiri resepnya sederhana saja sih.

Saus Barbekyu

Bahan:

  • 8 sdm saus tomat
  • 4 sdm saus inggris
  • 4 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 cm jahe, haluskan
  • 2 bawang putih, cincang
  • 1 sdt merica halus

Cara membuat:

  1. Campurkan semua bahan
  2. Untuk satu ekor ayam

Saya menyajikan ayam panggang ini dengan salad kol ungu dan sausnya dari sisa saus rendaman yang saya panaskan hingga mengental. cara penyajiannya bisa dibaca di post Salad Kol Ungu.

 

4 thoughts on “Ayam Panggang Saus Barbekyu”

  1. Saya membuat ayam panggang menggunakan bawang putih, jahe, madu dan garam serta jus limau. Bila saya memanggang nya, juice ayam nya keluar. Jadi ayam nya tidak garing dan coklat (seperti di atas)tetapi hasil nya seperti ayam yang di kukus. Apa yang salah dengan cooking method saya? Tolong saya kerana ini lah percubaan pertama saya menggunakan Happy Call Pan

    1. Dear mba Ruslina,
      Ayam dalam foto diatas tidak benar-benar kering kok ;) Kebetulan saya mengangkatnya dari Happy Call dan menaruhnya diwadah lain. Jus yang keluar dari ayam saya didihkan dan saya kentalkan untuk menjadi sausnya. Bisa lihat di link berikut: http://masukdapur.com/2011/05/salad-kol-ungu/

      Sepengetahuan saya memanggang dengan happy call memang tak bisa benar-benar kering karena memanggang cara ini tidak seperti memanggang di atas bara api yang jus dari bahan akan menetes. Jadi jus-nya masih tertampung di wadah. Jika ingin lebih kering, jus-nya bisa dikeluarkan dulu dari lubang dibelakang happy call lalu ayam dimasak kembali.

      Trims ya mba Ruslina. Semoga bisa menjawab pertanyaan mba :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>